Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat CV dalam Bahasa Inggris

cv bahasa inggris

Untuk membuat CV dalam bahasa Inggris, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

#1 – Kamu Punya Skill Bahasa Inggris

Buat CV dalam bahasa Inggris hanya ketika kamu memang bisa bahasa Inggris. Jangan buat CV dalam bahasa Inggris kalau kamu tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali.

Kalau misalnya kamu baru bisa membaca dan mengerti teks bahasa Inggris, tapi kemampuan speaking-mu kurang, maka tidak apa-apa membuat CV dalam bahasa Inggris.

#2 – Loker Ditulis dalam Bahasa Inggris

Buat CV bahasa Inggris untuk dikirimkan ke lowongan kerja yang memang ditulis dalam bahasa Inggris.

Kalau ada lowongan kerja tapi ditulis dalam bahasa Indonesia, maka tidak perlu membuat CV dalam bahasa Inggris. Kecuali, di lowongan kerja tersebut, kandidat memang diminta untuk membuat CV dalam bahasa Inggris.

#3 – Gunakan Tenses yang Tepat

membuat cv bahasa inggris
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Perhatikan tenses. Dalam bahasa Inggris, bentuk kata kerjanya berbeda-beda tergantung waktu. Ketika kamu menulis tentang pengalaman kerjamu saat ini, atau yang sekarang kamu kerjakan, maka tulis deskripsi pekerjaan dalam bentuk simple present.

Adapun untuk pengalaman kerja yang sudah berlalu, atau kamu sudah tidak bekerja di perusahaan itu lagi, maka tulis deskripsi pekerjaan dalam bentuk simple past.

#4 – Gunakan Tools

Jika kamu khawatir ada kekeliruan dalam tata bahasa CV bahasa Inggrismu, atau kamu ingin menghindari typo (salah ketik), maka gunakan Grammarly untuk mengecek kata dan kalimat dalam CV bahasa Inggrismu.

grammarly

#5 – Buat Sendiri

Kalau kamu ingin menggunakan jasa penerjemahan, pastikan CV bahasa Indonesiamu sudah bagus dan jasa penerjemahan yang kamu gunakan sudah tersumpah. Menyewa jasa penerjemahan tidak berkualitas hanya akan membuat CV-mu terlihat menyedihkan di mata HRD.

Dengan demikian, kalau kamu belum bisa menyewa jasa penerjemahan yang berkualitas, silakan buat CV bahasa Inggrismu sendiri.

#6 – Cek Ulang

cek ulang cv
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ketika kamu memutuskan membuat CV bahasa Inggrismu sendiri, begitu kamu selesai, jangan langsung buru-buru mengirimkannya. Tapi, cek dulu.

Cara mengeceknya, baca sekali lagi CV-mu, kalau ada susunan kalimat yang tidak enak, perbaiki. Kalau ada kata yang keliru, ganti kata tersebut. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa CV-mu sudah perfect.

Membaca CV berulang-ulang dan memperbaikinya jika ada kekeliruan perlu dilakukan sebelum melamar pekerjaan.

CVONLINE.ID

#7 – Minta Masukan

Jika kamu ragu dengan kualitas CV bahasa Inggrismu, jangan ragu meminta bantuan orang lain yang memang mengerti bahasa Inggris.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat CV dalam bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat!

Ada Pertanyaan?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top