Apakah CV Harus Pakai Foto atau Tidak?

apakah cv harus pakai foto atau tidak

Apakah CV harus pakai foto atau tidak adalah salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pelamar kerja.

Ada dua pendapat dalam hal ini.

Pendapat pertama: Foto tidak perlu dicantumkan di dalam CV untuk menghindari praktik diskriminasi.

Pendapat kedua: tidak mengapa untuk mencantumkan foto di dalam CV.

Mana yang benar dari dua pendapat di atas: apakah pendapat pertama atau pendapat kedua?

Menurut kami, tidak perlu mencantumkan foto di dalam CV dengan beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Untuk menghindari praktik diskriminasi. Masak menolak kandidat hanya karena kulitnya hitam atau hidungnya pesek? Jangan sampai kejadian! Jadi, untuk menghindari hal ini, foto tidak perlu dicantumkan di CV.
  2. Supaya tidak repot mengedit CV hanya karena bertambahnya usia.
  3. Supaya tidak dikira berbohong akibat berbedanya foto di CV dengan penampakan aslinya.
  4. Supaya CV tetap terlihat bagus saat di-print walau hanya dengan tinta hitam.
cv tanpa foto
Gambar oleh Oli Lynch dari Pixabay

Seandainya perusahaan mensyaratkan pelamar untuk mencantumkan foto, maka foto tidak perlu dicantumkan di CV, karena sebenarnya ia bisa dicantumkan sebagai attachment atau lampiran saat mengirimkan lamaran via email.

Simpel, kan?

Tidak perlu meributkan apakah CV harus pakai foto atau tidak, karena apabila diperlukan, foto bisa dijadikan sebagai lampiran saat mengirimkan lamaran.

Lagi pula, dari pada memasang foto di CV—padahal ruang di CV itu terbatas—lebih baik memenuhi CV dengan hal lain yang lebih penting seperti pencapaian, keahlian, dan poin-poin yang menjelaskan apa saja yang kita lakukan di pekerjaan sebelumnya.

JobScan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan untuk membantu pelamar kerja, memberikan sebuah saran yang bagus.

If you’re looking for a place to display your professional photo, a personal website or your LinkedIn profile are great places to do so.

It’s true that recruiters and hiring managers will eventually come across your smiling face as you advance in the hiring process. But we still believe it’s best to keep your experience, skills, and achievements front and center when applying to jobs. As hiring practices are constantly evolving, we’ll keep an eye on the resume picture trend and update you if the industry recommendation changes.

Demikian nasihat JobScan dalam sebuah artikel yang berjudul “Here’s Why You Should Not Include a Picture on Your Resume in 2020”.

Kesimpulan: Apakah CV Harus Pakai Foto?

Foto tidak perlu dicantumkan di CV dengan alasan-alasan yang sudah disampaikan di atas.

Jika kita ingin agar pihak perusahaan tempat kita melamar mengetahui foto kita, maka kita bisa memasang foto di profil LinkedIn, dan kita menampilkan URL akun LinkedIn di CV.

Demikian.

Semoga tulisan ini bisa menjawab pertanyaan “Apakah CV harus pakai foto atau tidak”.


PS: Setelah membaca tulisan ini, menurut Anda, apakah memang perlu mencantumkan foto di CV, atau tidak? Tulis pendapat Anda di kolom komentar, ya!

Ada Pertanyaan?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top